Berapa Hasil Operasi Hitung Dari 2 + 3 x 4

Posted by Belajar Matematika Senin, 20 Mei 2013 0 komentar

Berapa Hasil Operasi Hitung Dari 2 + 3 x 4

Sebenarnya Matematika bukanlah pelajaran yang susah. Namun entah mungkin sugesti atau phobia terhadap matematika, banyak diantara siswa yang menganggap Matematika pelajaran yang susah. Namun tahukah anda jika pelajaran Matematika dapat menjadi pelajaran yang menyenangkan jika anda bisa menggunakan metode lain dalam melakukan pembelajarannya.
Sebagai contohnya misalnya judul postingan diatas dibuat sebagai salah satu permasalahan yang dimunculkan dalam pembelajaran. Teknik dasar perhitungan Matematika pasti sudah dipelajari mulai dari SD, berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hanya ketika sebuah pertanyaan dimunculkan dalam perhitungan dasar tersebut tanpa mencantumkan tanda kurung, maka sering kali akan timbul perdebatan atau diskusi yang menarik. Bahkan mungkin ada juga yang belum mengetahui secara pasti teknik perhitungan dalam operasi Matematika.
Di sini saya akan berbagi cerita menarik, walaupun pertanyaan ini saya lontarkan kepada siswa SMA, namun jawaban mereka tidak sama. Pertanyaan saya adalah berapa hasil dari 2 + 3 x 4. Diantara jawaban mereka sebagian ada yang menjawab 20 dan sebagian lain menjawab 14. Mengapa bisa timbul dua jawaban, padahal dalam Matematika jawaban dari hasil suatu perhitungan adalah mutlak.
Bagi siswa yang menjawab 2o, alasannya adalah proses operasi hitung dilakukan secara berurutan, maksudnya 2 + 3 hasilnya adalah 5 kemudian baru dikalikan dengan 4 sehingga hasilnya 20. Kemudian yang hasilnya 14 beralasan bahwa operasi perkalian harus dioperasikan terlebih dahulu baru kemudian penjumlahan sehingga 3 x 4 hasilnya 12 kemudian baru ditambahkan dengan 2 sehingga hasilnya 14.
Dari kedua pendapat tersebut yang mana yang benar ? Jika kita benar-benar memahami dan mempelajari matematika secara sederhana maka tidak akan muncul dua jawaban melainkan satu saja. Menurut kesepakatan ahli matematika saat ini, jika tidak ada tanda kurung dalam operasi itu perkalian harus dilakukan terlebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan (jika ada dua operasi perkalian dalam satu soal) kemudian setelah perkalian operasi yang dilakukan adalah penjumlahan. Dengan demikian hasil akhir yang benar dan sesuai kesepakatan dalam dunia matematika adalah 14, karena perkalian menjadi operasi pertama yang harus dilakukan.
Adapun urutan dalam operasi matematika adalah :
  • Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung
  • Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan
  • Penjumlahan  atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama
  • Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik
Sekarang apakah anda juga pernah mengalami kebingungan dalam menyelesaikan operasi sederhana pada Matematika ? Jika ya, hal inilah yang membuat Matematika itu adalah pelajaran yang sulit dan bukan karena materinya.


Sumber: http://ilmu-matematika.blogspot.com/


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Berapa Hasil Operasi Hitung Dari 2 + 3 x 4
Ditulis oleh Belajar Matematika
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doyan-matematika.blogspot.com/2013/05/berapa-hasil-operasi-hitung-dari-2-3-x-4.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tempat Belajar Matematika.